Beyond Madness

Category Archives: Pregnancy

Kalau udah masuk trimester tiga, harusnya udah punya pilihan pasti mau melahirkan dimana & sama dokter siapa. Walaupun kebanyakan Rumah Sakit di Jakarta pas gue cek-cek, syaratnya cuma minimal pernah kontrol sekali sama dokter di RS tersebut, sih. Jadi ga ribet-ribet amat, jangan lupa minta rekam medis dari RS sebelumnya ya..

Kay~ sekarang kita ngomongin hal terhorror. BIAYA. : ))) 

Bagi sebagian orang yang mampu, tentulah ga usah mikir. Tinggal fokus gimana supaya pas brojolan tetap cantik aja gitu. Gak deeeng : ))) tapi kebanyakan dari kita harus nabung dulu untuk persiapan lahiran, beli-beli ini-itu & bayar RS. Kalo dibayarin asuransi mah, Alhamdulillaaaaah~

Nah, berikut adalah hasil riset (cailah!) biaya melahirkan di beberapa RS di Jakarta. Semoga membantu & bisa memberikan gambaran, sekaligus ancang-ancang yaa 😊

RSB Duren Tiga:Aduuh, semoga masih bisa kebaca ya. Udah ditebel-tebelin, tetep ga jelas pun. Biaya di atas masih perkiraan ya, biasanya ada biaya tak terduga. Baiknya kasih spare +50% – 75% dari biaya yang ditulis. 

Untuk kelas Anggrek A, B & C sendirian si kamar, bedanya cuma luas & fasilitas di dalam kamar aja.

RS Mitra Keluarga Kelapa Gading:   

 Karena ga masuk budget, gue males nanya-nanya banyak di RS itu. : )) Tapi dari rincian di atas udah cukup jelas kok.

 RS Sammarie Basra: Naaah, gue akhirnya memutuskan untuk melahirkan di Sammarie Basra. Selain budgetnya masuk, dr. Yudit juga praktek di situ. Rincian biaya di atas masih ditambah 40% lagi ya.. Untuk biaya visit dokter, dll.

Cerita tentang melahirkannya dipostingan berikutnya yaa.. 😘


Di bulan ketujuh kehamilan, akhirnyaaa.. Setelah hampir dua tahun di kandang burung, kami pindah juga ke rumah. Agak minggir, AGAK ya.. Camkan itu! : ))) tapi nyaman & lingkungannya jauh lebih enak daripada Kalcit. 

Karena pindah rumah, jarak ke RS Duren Tiga jadi jauh. Sebenernya ngga jauh sih, tapi jalur macet. Ngeri aja kalo sampe brojolan di jalan. *amit-amit*

Ganti RS, berati ganti dokter juga dong? Nah, ketemu sama dokter ini ga sengaja. Niatnya kan mau USG 4D lagi tu, jadilah googling dokter siapa yang jago 4D. Hasil brosingan banyak yang refer ke Dokter Yuditya Purwosunu. Ahli Fetomaternal juga beliau ini (kehamilan dengan resiko tinggi). 

Yaudah, cekbebicek, praktek di Sammarie Basra yang mana deket rumah. Yay! 

Pas daftar buat USG 4D, taunya hari itu dr. Yudit ada operasi jadi ga praktek di Sammarie, prakteknya di Mitra Keluarga Kelapa Gading. Karena udah pengen banget & pas waktunya kontrol juga, kita samperinlah kesana. 

Ternyata benar kata ibu-ibu di dunia maya, dokternya ramah banget, masih muda, PINTER & komunikatif. Dari USG 4D dibacain tu suplai darah & oksigen ke bayi lancar engga, hati, jantung, ginjal, otak bagus engga, ga cuman buat liat muka bayinya aja lho : ))))

Diakhir pertemuan beliau minta gue cek gula darah, karena kaki bengkak, untuk mencegah kemungkinan pre-eklamsia. Selebihnya normal & kontrolnya sebulan lagi aja. Dokter ini ngga yang mengharuskan tiap 2 minggu atau bahkan seminggu sekali harus kontrol, lho.. Sebelum kasih resep vitamin & calcium, beliau bilang: 

Ini nomer HP saya, kalau ada apa-apa whatsapp aja ya.. LAAAFF!❤️ 

Resmilah mulai hari itu pindah ke haribaan Dr. dr. Yuditya Purwosunu, SP.OG, KFM, PhD (ish.. lengkap amat) : ))

Total kontrol & USG 4D hari itu:

  • Konsul Dokter: 250rb-ish
  • USG 4D: 800rb-ish

Ini hasil fotonya. Mukanya ditutupin terus 😄😄